mardi, octobre 02, 2007

Greater Good

Suatu pengorbanan dibutuhkan untuk mencapai sesuatu yang lebih baik. For the greater good.

Akhir-akhir ini harga bensin naik 5x lipat (500%) di Myanmar. Guess what, ini memicu para biksu untuk memprotes junta (diktator militer) Myanmar. Junta yang udah 20 taun berkuasa ini akhirnya didemo juga sama rakyatnya. Kenapa baru sekarang? Well, 20 taun yang lalu sih mereka udah nyoba demo, tapi hasilnya cuman 2000 nyawa melayang dan junta tetep nggak goyah. Lagian pada masa itu Cina punya kepentingan dagang di Myanmar, dan itu bikin PBB juga ngga bisa ngebelain rakyat Myanmar. Mungkin rakyat sana merasa aman damai sejahtera dengan Junta berkuasa.. sampai tiba saatnya ekonomi negara jatoh..

Sekarang, para biksu bergerak sebagai demonstran utama. Kekuatan yang besar, karena di Myanmar 95% orang beragama Buddha. Di sana, membunuh biksu sama dosanya seperti membunuh ibu sendiri. Terlepas dari itu, sekarang udah ada 13 orang mati ditembak. Belom termasuk biksu-biksu yang ditangkep dan disiksa, trus entah kemana kabarnya. Baru kemarin ini, utusan dari PBB datang ke Myanmar. Ngapain dia? No one knows, karena sekarang media diblokir dari negara tersebut. Kabel internet nasional diputus. TV luar diputus. Turis berkamera ditangkep. Wartawan dilarang mencari kabar.

Begitu banyak pengorbanan yang harus dilakukan demi menjatuhkan junta. For the greater good. Tapi kali ini sampai berapa nyawa lagi harus melayang?

Aucun commentaire: