lundi, février 11, 2008

Archetypes

Beberapa hari terakhir ini saya sangat tertarik dengan game Vampire: the Masquerade. Selain karena gameplay nya yang baru (dan menarik. sesuatu yang baru biasanya lebih menarik daripada yang lama.), ada satu bagian yang sangat menyita perhatian. Di game itu, namanya adalah Nature & Demeanor.

Intinya, Nature adalah insting dasar seorang karakter. Bagaimana ia bertindak, apa yang mendorongnya untuk maju, dan bagaimana ia beraksi. Semua itu ditentukan oleh Nature secara spontan dan otomatis. Sedangkan Demeanor adalah bagaimana karakter itu muncul di permukaan. Siapapun yang tidak mengenal karakter itu dengan dekat, akan menyangka bahwa sang karakter memiliki sifat yang sesuai dengan Demeanor-nya. Namun bukan tidak mungkin bahwa di balik semua penampilan itu, sang karakter memiliki suatu sifat yang jauh berbeda, yaitu Nature-nya.

Beragam sifat yang ada di dunia ini dikelompokkan dalam berbagai Archetype. Dengan pengelompokkan tersebut, kita bisa memilih seperti apakah sifat karakter yang akan kita bangun dalam game Vampire: the Masquerade tersebut. Tertarik melihat beberapa Archetype yang dimaksud? Datanglah ke situs ini:

http://www.geocities.com/malfisbymidnight/natures.html

Sangat menyenangkan, menarik, dan menggugah pikiran menurut saya. Selain menyatakan secara jelas bahwa seseorang bisa memiliki dua sisi yang berbeda di luar (Demeanor) dan di dalam (Nature) dirinya, deskripsi dari masing-masing Archetype menjelaskan secara garis besar mengenai orang-orang di dunia ini. Salah satunya, membuat saya sendiri menyadari orang seperti apakah saya ini.

Care to share your Nature & Demeanor? I think my Nature is Gallant, and my Demeanor is Deviant.

Aucun commentaire: